BUSI ( SPARK PLUG )

on Rabu, 15 September 2010

Tingkat panas busi ditentukan berdasarkan banyaknya panas yang dapat merambat sampai
inti elektroda melalui hidung insulator. Tingkat panas dari busi tergantung dari konstruksi
hidung insulator. Panas dari ruang bakar merambat ke inti elektroda melalui hidung insulator
selanjutnya panas ditransfer ke sistem pendinginan mesin melalui rumah busi dan head
silinder.Busi tipe panas mempunyai hidung insulator yang panjang dan mempunyai permukaan lebih luas yang kontak dengan gas pembakaran.
Busi tipe panas dipilih untuk penggunaan pada kecepatan rendah dan dipakai jika busi tipe yang lama mengalami Carbon Fouling. Busi tipe dingin mempunyai hidung insulator yang
pendek dan mempunyai permukaan yang sedikit kontak dengan gas pembakaran. Busi tipe dingin hanya dipergunakan untuk kondisi mesin dengan kecepatan tinggi atau dengan beban
penuh Busi tipe panas ditandai dengan nomor tingkat
panas rendah sedangkan busi dingin sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar